Daisypath Wedding Ticker

Friday, October 2, 2009

urgensi syahadatain...

URGENSI SYAHADATAIN


Syahadatain adalah pintu gerbang islam(47:19 , 37:35 , 3:18 , 7:172 , 25:23 , 39:64-65)

Untuk masuk Islam, org harus menyatakan persaksian atas kebenaran Islam itu dengan mengucapkan syahadatain, Syahadat tauhid nerupakan pengakuan terhadap ketuhanan Allah yg menunurunkan system ini kepada Nabi-Nya. Syahadat rasul merupakan pengakuan bahwa Muhammad saw harus dijadikan panutan dalam menjalankan Islam, Dengan mengucapkannya, maka seseorang telah diakui sebagai org Islam(muslim) yang memiliki hak dan kewajiban yg sama dengan muslim yang lain, aman dan damai dalam naungan Islam.

Rasulullah saw bersabda,

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka mengucapkan Laa ilaha illallah, apabila mereka telah mengucapkan laa ilaha illallah maka darah dan harta mereka menjadi suci.”

Mendengar laporan bahawah Usamah Bin Zaid tetap memenggal musuh yang telah mengucapkan syahadat, Rasulullah saw marah dan mengatakan kepadanya,

“mengapa tidak kau belah saja dadanya, sehingga engkau tahu isi hati dia sebenarnya”

Syahadatain merupakan intisari ajaran Islam(2:21 , 51:56 , 21:25 , 33:21 , 3:31 , 6:162 , 3:19 , 3:85, 45:18, 6:153)

Secara global Islam terdiri atas aqidah dan syari’ah. Sisi-sisi lain Islam terdiri dari ibadah, akhlak dan mu’amalat merupakan implementasi tauhid dan syahadat rasul ini.

Asas perubahan(6:122 ,33:23, 37:35-37, 85:6-10 , 18:2 , 8:30)

Ketika hendak membangun masyarakat baru di atas puing-puing jahiliyyah, Rasulullah saw tidak mengawali perubahan itu dari politik, ekonomi, atau yg lain. Beliau saw mengawalinya dengan merubah apa yg ada di dalam jiwa. Hal paling penting yg ada dalam jiwa itu adalah keyakinan. Dengan syahadatain itu, terjadilah perubahan besar yang sangat mendasar dalam seluruh aspek kehidupan generasi terbaik itu. Bangsa yang kecil, terisolir, dan terkebelakang tersebut kemudian menjadi bangsa yang tebaik yang pernah dilahirkan untuk seluruh bangsa. Mereka hijrah dari jahiliyah menuju Islam, dari kegelapan menuju cahaya yg terang benderang.

Inti Dakwah Rasul.(60:4, 18:110)

Syahadatain dengan konsepsi semacam itulah yg didakwahkan para nabi dan rasul. Mereka mengatakan, “Fattaqullah wa atii’uuni!!!”( bertakwalah kepada Allah dan taatilah aku(rasul)!!). statemen mereka ini diabadikan Al-Quran dalam kisah-kisah para nabi yang tersebar di berbagai surat.

Fadilah dan keutamaannya(Hadits)

Banyak fadilah dan keutamaan yg terkandung dalam syahadatain, di antaranya seperti yg dikatakan Rasul saw sendiri:

“barangsiapa mengucapkan laa ilaha illah, ia masuk syurga”

“barangsiapa mati sedang ia mengetahui bahwa tidak ada tuhan selain Allah, ia masuk syurga”

“Dua kata yang ringan diucapkan namun berat timbangannya, yakni: laa ilaha illah, Muhammad rasulullah.”

Saat Rasul saw mendakwahkan syahadatain di Makkah, masyarakat terbagi dua. Satu golongan menerimanya dengan tulus, siap total menanggung segala konsekuensi dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga. Golongan yang lain menolaknya dengan segala kebencian dan permusuhan dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga pula. Kedua golongan tersebut, sangat memahami makna dan konsekuensi dari syahadat itu.

No comments: